Social Icons

Pasukan Diklat Teknis Peradilan

Senin, Desember 26, 2011

James Brown

James Joseph Brown, Jr., lahir 3 Mei 1933 dan meninggal pada 25 Desember 2006. Pria yang sering mendapat julukan The Godfather of Soul ini adalah seorang penyanyi dan juga pemusik yang diakui kepopulerannya pada abad ke-20.
Brown tumbuh dan bekembang dalam lingkungan kemiskinan dan kejahatan. Pada usia 16 tahun, dirinya pernah dijatuhi hukuman menjadi buruh kasar selama 16 tahun, setelah terlibat perampokan bersenjata. Pada 1987, untuk kelima kalinya dalam 10 bulan, ia ditangkap karena mengonsumsi obat-obatan terlarang.
Kasus lain yang menimpa dirinya, adalah tuntutan istrinya, yang menuduhnya telah melakukan penyerangan dan pemukulan. Tidak berhenti di situ, berikutnya, ia dihukum enam bulan penjara atas tudingan telah melakukan percobaan pembunuhan dan bebas pada Februari 1991 dengan syarat ia tak akan lagi menggunakan atau memiliki senjata.

Kelahiran dan keluarga
Brown lahir pada 3 Mei 1933 di Barnwell, South Carolina (AS). Orangtuanya berpisah ketika ia baru berusia empat tahun. Ia tinggal di sebuah rumah bordil yang dijalankan oleh bibinya di Augusta, Georgia.
Ia tumbuh dalam kemiskinan dan kejahatan. Pada usia 16 tahun untuk pertama kali ia ditangkap lalu dijatuhi hukuman delapan hingga 16 tahun menjadi buruh kasar gara-gara melakukan perampokan bersenjata. Pada 1987, untuk kelima kalinya dalam 10 bulan, ia ditangkap karena mengonsumsi obat-obatan terlarang. Oleh istrinya, ia pernah dituduh telah melakukan penyerangan dan pemukulan. Pada tahun berikutnya, ia dihukum enam bulan penjara atas tudingan telah melakukan percobaan pembunuhan. Pada Februari 1991 ia dibebaskan dengan syarat ia tak akan lagi menggunakan atau memiliki senjata.
Brown menikah empat kali. Dengan istri terakhirnya, penyanyi latar Tommie Raye Hynie, ia dikaruniai seorang anak. 
Kematian
James Brown, artis musik legendaris AS yang telah membentuk R&B, funk, dan disko Amerika selama 50 tahun, meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Georgia (AS), Senin (25 Desember 2005), dalam usia 73 tahun.
Penyanyi, pencipta lagu, produser, aranjer, dan pemain keyboard itu mengembuskan napas terakhirnya karena komplikasi radang paru-paru. Berita duka tersebut disampaikan oleh Intrigue Music, agensinya. Menurut Intrigue Music, Brown meninggal dunia di Emory Crawford Long Hospital, Atlanta (Georgia), pada pukul 01.45 waktu setempat, karena, "Gagal jantung sebagai akibat dari radang paru-paru." Kematian James Brown tersebut menginspirasi dari grup musik indonesia, Funky Kopral. Sehingga band tersebut menciptakan satu lagunya yang dirilis pada tahun 2010 dengan judul Soul Brother Number One. 
Aksi James Brown
Awal berkarier
Brown memulai karier musiknya dengan The Gospel Starlighters pada 1955. Ia lalu bergabung dengan Bobby Byrd dalam The Avons dan kemudian masuk ke The Famous Flames, yang dikontrak oleh King Records. Please, Please, Please, single pertama Brown, dirilis pada 1956 dan mencapai posisi keenam pada tangga-tangga lagu R&B.
Try Me, lagu lain Brown, menjadi single R&B terlaris pada 1958. Try Me juga menjadi lagu pertama dari 17 lagu Brown yang mencapai puncak tangga-tangga lagu R&B hingga dua dekade berikutnya.
Dengan musiknya yang masuk ke wilayah mainstream, pada 1960-an ia berhasil menggalang penggemar yang lebih luas. Live at the Apollo, Vol.1 (1963) menempati urutan kedua tangga-tangga album. Pada 1965, ia merekam single Papa’s Got a Brand New Bag, yang menduduki puncak tangga-tangga lagu R&B selama delapan minggu dan masuk Top Ten untuk lagu-lagu pop. I Got You (I Feel Good), yang juga dirilis pada 1965, berada di nomor tiga dalam Top Ten.
Penggemarnya bertambah luas lagi dengan aksinya dalam film konser The T.A.M.I. Show (1964), yang juga menampilkan The Rolling Stones, Chuck Berry, dan The Supremes.
Pada akhir 1960-an, majalah Look menobatkan James Brown menjadi The Most Important Black Man in America. Pada 1970, Brown dan Byrd membentuk sebuah band baru, The JB’s, yang melibatkan pemain bas Bootsy Collins, gitaris yang juga saudara Bootsy, Phelphs "Catfish" Collins, dan peniup trombon Fred Wesley.
Lagu-lagu populer Brown pada 1970-an, antara lain, Hot Pants dan Get Up (I Feel Like Being A) Sex Machine. Pada dekade selanjutnya, ia mengenyam lebih lagi keberhasilan di jalur mainstream dan membuat cameo dalam sejumlah film seperti The Blues Brothers dan Doctor Detroit. Sejumlah lagunya bisa pula dinikmati sebagai soundtrack film dan tayangan televisi. Ia telah memusiki film Black Caesar (1973) dan membawakan lagu Living in America untuk film Sylvester Stallone, Rocky IV (1985). Living in America mendatangkan sebuah tropi Grammy baginya pada 1987 . 
The Hardest Working Man in Show Business
Brown, yang menjuluki dirinya "Godfather of Soul", juga dikenal sebagai "Soul Brother Number One" dan "The Hardest Working Man in Show Business".
Ia masih terus tampil, setidaknya dalam 100 pertunjukan per tahun. Ia sempat pula manggung di Jakarta International Java Jazz Festival 2005 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center. Ia telah pula dijadwalkan akan menjadi penampil utama dalam sebuah pesta malam tahun baru yang akan digelar pada Minggu nanti (31/12) di B.B. King Blues Club and Grill di New York (AS).
Brown merupakan seorang artis musik besar yang menginspirasi banyak artis musik dari generasi-generasi yang berbeda, dari Mick Jagger, David Bowie, dan Michael Jackson, hingga para rapper yang amat mencontoh musiknya yang sangat nge-groove. Kekuatannya meluas sampai ke kehidupan politik dan budaya AS pada akhir 1960-an, ketika ia memberi suaranya untuk gerakan hak sipil lewat lagu-lagunya, antara lain, Say It Loud dan I’m Black and I’m Proud (1968).
Sepanjang hidupnya, James Brown telah menerima sederet penghargaan. Sebut saja, dua tropi Grammy, sebuah Grammy Lifetime Achievement Award pada 1992, dan sebuah penghargaan bergengsi Kennedy Center Honors pada Desember 2003.
(Dari berbagai sumber)

7 komentar:

  1. Informasi yang sangat menambah wawasan bagi pembacanya.

    BalasHapus
  2. I've been exploring for a little for any high quality articles or weblog posts on this sort of house . Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this site. Studying this information So i am satisfied to express that I've an incredibly just right uncanny
    feeling I came upon just what I needed. I most for sure will make certain to don?
    t omit this website and give it a look regularly.
    Visit my web-site ... DSL Anbieter

    BalasHapus
  3. aaaak, tombol enternya rusak ya mas.. -_-

    BalasHapus
  4. Hello there, You've done a fantastic job. I'll certainly digg it and personally recommend to my friends.
    I am sure they will be benefited from this website.


    Feel free to surf to my web page ... get more twitter followers

    BalasHapus
  5. Ane lumayan ngefans sama DOI semenjak bokap nontonin ke ane. RIP mr James tas cath kidston model terbaru | bumi berotasi

    BalasHapus

Terimakasih atas komentarnya

 

Komentar Tamu

Mengenai Saya

Foto saya
Tinggi di sebuah kota kecil, depok jawa barat, kalo mo kerumah koe dan nggak ketemu tanya aja ama tukang pos, dijamin Anda akan tersesat lebih jauh. Nah, mendingan kontak aja di viruscinta18@gmail.com. Mudah bukan,...Tetap semangat dan berkreatifivitas....Salam.

Link Penting

Sample Text