Social Icons

Pasukan Diklat Teknis Peradilan

Minggu, Maret 06, 2011

Bob James Sang Pianis Jazz


Mendengarkan permainan Bob James, laksana mendengarkan lantunan keindahan, ketenangan, dan harmony. Sentuhan nada-nada jazz yang tidak berkesan berat seperti kebanyakan musik jazz, menjadikan musiknya mudah sekali untuk dinikmati. Pemain piano dan keyboard ini lahir tanggal 25 Desember 1939 dengan nama Robert McElhiney James. Nama Bob James baru mencuat ketika ia menciptakan lagu berjudul “Angela” yang menjadi soundtrack dalam film Taxi, dan juga dalam lagunya berjudul “Nautilus” dan “Westchester Lady” yang berirama klasik-fusion.
Selain bersolo karir, Bob juga merilis album duet, diantaranya dengan Earl Klugh, Kirk Whalum dan David Sanborn. Di albumnya bersama Earl Klugh yang diberi judul “One on One”, Bob berhasil memperoleh Grammy Award untuk kategori “Best Pop Instrumental Performance of 1981″.
Warna musik Bob James yang kebanyakan berirama “Smooth-Jazz” juga dianggap memiliki peran yang sangat penting bagi lahirnya jenis musik “Hip-Hop,” hal ini dapat dilihat dari dua lagunya yang cukup terkenal yaitu “Nautilus dan Take Me to the Mardi Grass” yang diciptakannya tahun 1975 dalam album berjudul “Two”.
Pada tahun 1991 Bob mendirikan sebuah Supergrup Smooth Jazz dengan nama Fourplay. Anggota dari grup ini adalah nama-nama yang sudah tidak asing lagi dalam dunia musik Jazz seperti: Lee Ritenour pada gitar, Nathan East pada Bass, Harvey Mason pada drum dan Bob sendiri pada piano. Mulai berdirinya hingga saat ini grup ini sudah merilis 11 album. Album terakhirnya berjudul “Energy” yang dirilis tahun 2008. Sementara Bob sendiri secara keseluruhan (baik yang ber-solo karir maupun yang berkolaborasi) sudah merilis 43 album. Album yang terakhir berjudul “Christmas Eyes” tahun 2008, ia rilis bersama putri tercintanya Hillary James yang sekarang secara perlahan namun pasti mulai mengikuti jejak ayahnya sebagai musisi jazz.
(sumber : http://suaranada.wordpress.com)

1 komentar:

  1. You're so interesting! I do not suppose I've truly read
    something like this before. So great to find somebody with some original thoughts on this subject matter.
    Seriously.. thank you for starting this up. This site is something that's needed on the web, someone with some originality!

    Here is my website: ミュウミュウ

    BalasHapus

Terimakasih atas komentarnya

 

Komentar Tamu

Mengenai Saya

Foto saya
Tinggi di sebuah kota kecil, depok jawa barat, kalo mo kerumah koe dan nggak ketemu tanya aja ama tukang pos, dijamin Anda akan tersesat lebih jauh. Nah, mendingan kontak aja di viruscinta18@gmail.com. Mudah bukan,...Tetap semangat dan berkreatifivitas....Salam.

Link Penting

Sample Text