Social Icons

Pasukan Diklat Teknis Peradilan

Sabtu, Februari 14, 2009

Utamakan Selamat

Komputer memang teman yang menyenangkan. Tapi dalam situasi tertentu, komputer juga bisa membuat anda menginap di rumah sakit. Oh yah?.... Kok bisa?...
Anda mungkin tidak pernah membayangkannya. Departemen Perdagagan dan Industri Inggris memiliki data bagaimana komputer bisa menjadi sesuatu yang membahayakan untuk diri kita.
Dalam data Home Accident Surveillance System (HASS) – sebuah database elektronik mengenai kecelakaan di rumah – tersebut, setiap tahunnya tercatat rata-rata 2.000 kecelakaan di rumah di Inggris disebabkan pemiliknya berurusan dengan PC mereka. Itu belum termasuk kecelakaan yang terjadi di tempat-tempat kerja dan lainnya. Weleh…
Memang sih, hanya sebagian kecil saja dari kecelakaan – kecelakaan itu yang benar-benar mengancam jiwa, namun semua kecelakaan tadi berujung ke rumah sakit, lho, karena toh mereka mendapatkan data tadi dari sana. Dengan kata lain, setiap minggunya ada lusian orang yang harus mendapatkan perawatan gara-gara urusan dengan komputer.
Jenis kecelakaan sendiri beragam. Salah satunya ya karena mereka kesetrum saat mengoprek daleman PC yang sedang menyala. Lha, salah siapa ? sudah tahu aliran listrik masih mengalir kok ya berani-beraninya membongkar isinya.
Untuk menghindari kekonyolan-kekonyolan seperti itu, baca deh beberap tip dibawah ini.
Berat
Perhatikanlah keselamatan diri Anda sejak membeli komputer. Tepatnya sasaran sebelum Anda membawanya dari toko. Perhatikan bagaimana kemasan dan cara membawanya yang benar. Kalau Anda tidak menemukan sejumlah petunjuk pada kemasannya, tanyalah ke penjual. Jangan anggap enteng, karena komputer umumnya lumayan berat. Terkadang berat seluruhnya (monitor, CPU, dll) malah mencapai lebih dari 15 Kg. Kalau tidak hati-hati dan terbiasa, tangan dan otot punggung Anda bisa pegal-pegal.
Angkat kardus dengan kedua tangan. Jangan membungkuk untuk mengangkatnya, tapi mulailah dengan posisi setengah jongkok, kemudian berdirilah pelan-pelan.
Khusus untuk monitor tabung jenis CRT, perhatikan bahwa bagian layar biasanya lebih berat ketimbang sisi belakangnya.Periksalah instruksi pada boksnya, agar Anda dapat mengangkatnya dengan baik tanpa membuat monitor tersebut cacat.
Rapikan Kabel
Bila Anda tidak merapikannya, kabel-kabel komputer akan berseliweran dan dapat membahayakan siapapun yang lewat di sekitarnya. Tersandung kabel adalah salah satu bentuk kecelakaan yang mestinya dapat Anda antisipasi.
Caranya? Ya rapikan saja dengan menggunakan pengikat kabel. Bentuknya berupa kawat tipis. Anda bisa membelinya di toko-toko komputer terdekat (bukan beli di Apotik, lho).
Biar lebih rapi lagi, Anda bisa menggunakan Cable Zip atau peranti lainnya yang berfungsi untuk menyatukan kabel-kabel ke dalam satu ikatan. Pokoknya pastikan deh kabel-kabel itu tidak berseliweran.
Panas
Tempatkan komputer Anda dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara cukup baik, karena saat dinyalakan, komputer memproduksi panas. Tidak cuma dari CPU, tapi juga dari komponen seperti monitor. Itulah sebabnya casing CPU dan monitor dibuat lengkap dengan rongga-rongga udara.
Karena tidak ngeh, sebagian orang mungkin senang menempatkan boneka-boneka atau benda-benda pajangan lainnya di atas monitor. Awalnya, hal seperti ini bisa jadi membuat Anda betah bekerja di depan komputer. Namun, hati-hati saja, kalau rongga-rongga udaranya tertutup dan menyebabkan panas, monitor pun bisa meledak. Kejadian seperti ini bisa terjadi sangat berbahaya, apalagi bila terjadi saat Anda menatap monitor.

1 komentar:

Terimakasih atas komentarnya

 

Komentar Tamu

Mengenai Saya

Foto saya
Tinggi di sebuah kota kecil, depok jawa barat, kalo mo kerumah koe dan nggak ketemu tanya aja ama tukang pos, dijamin Anda akan tersesat lebih jauh. Nah, mendingan kontak aja di viruscinta18@gmail.com. Mudah bukan,...Tetap semangat dan berkreatifivitas....Salam.

Link Penting

Sample Text